ANALISA SEMIOTIKA PADA ICON UI APLIKASI TIKTOK

ANALISA SEMIOTIKA PADA ICON UI APLIKASI TIKTOK

 


Abstrak

Semiotika merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari sebuah tanda atau simbol. Pada sebuah desain UI UX ke efektifan  desain tersebut ada pada UI maupun UX Itu sendiri, salah satu elemen UI adalah tanda atau simbol, dan desain simbol ini akan mempengaruhi ke efektifan desain tersebut. Dengan mempelajari ilmu semiotika, kita sebagai desainer dapat membuat desain kita menjadi lebih efektif dalam pemakaian nya oleh khalayak, terutama pada desain UI UX, peneleitian ini akan berfokus pada analisa semiotika pada tampilan UI yang ada pada menu utama aplikasi tiktok, peneliti akan menjabarkan makna dari icon yang ada, tujuannya adalah untuk memahami setiap makna dari setiap icon agar dapat meningkatkan ke efesienan ketika menggunakan aplikasi tersebut. penelitian ini akan menggunakan analisa semiotika Charles sanders pierce berdasarkan objeknya yaitu icon.

Pendahuluan

Social media merupakan tempat dimana orang-orang bersosialisasi secara daring atau melalui internet, Aplikasi tiktok merupakan aplikasi social media yang memiliki berbagai macam konten di dalamnya, konten yang di sajikan berupa video dan foto, UI pada aplikasi akan mempengaruhi kualitas dari sebuah aplikasi  serta kepuasan dari penggunanya, kualitas UI yang tidak baik dapat membuat pengguna tidak paham akan makna dari sebuah tanda UI dan dapat mengganggu kenyamanan dan ke efisien an.

User interface (UI) 

Secara bahasa User Interface berasal dari kata user yang berarti pengguna, interface yang artinya antarmuka atau permukaan atau tampilan terdepan dari sebuah media. User Interface merupakan sebuah tampilan visual dari suatu media yang menjadi jembatan antara sebuah sistem dengan user / pengguna. Maka dari itu user Interface penting dalam menjalin interaksi dengan seorang user. 

UI terdiri dari beberapa elemen yakni layout, logo, typoghraphy, icon, color palette dan lain-lain yang bisa mendukung visual menarik. Elemen-elemen ini di susun sedemikian rupa agar menghasilkan visual yang selaras dan menarik agar user ingin berinteraksi dengan media tersebut. Namun tidak hanya keindahan visual saja, UI juga harus mudah untuk digunakan user atau bisa disebut user friendly. 

Semiotika menurut Charles sanders pierce

Semiotika di dasarkan kepada logika, di karenakan logika mempelajari bagaimana seorang individu bernalar, sedangkan penalaran menurut pierce dilakukan melalui tanda-tanda, karna menurut pierce tanda-tanda inilah yamg mendorong untuk kita berpikir atau bernalar, dalam hal ini setiap individu memiliki keanekaragaman dalam menginterpretasikan sebuah tanda, dimana tanda linguistik menjadi hal penting dalam berkomunikasi, dan fungsi serta kegunaan tanda-tanda inilah yang menjadi perhatian dalam bidang ilmu semiotika. 

Analisis Semiotik Pierce terdiri dari 3 aspek penting sehingga sering disebut dengan segitiga makna atau triangle of meaning 3 aspek tersebut yaitu:

Penjelasannya sebagai berikut:

a. Tanda: adalah konsep utama yang dijadikan sebagai bahan analisis dimana didalam tanda terdapat makna sebagai bentuk interpretasi pesan yang dimaksud. Secara sederhana, tanda cenderung berbentuk visual atau fisik yang ditangkap oleh manusia.

b. Objek / Acuan Tanda: adalah konteks sosial yang dalam implementasinya dijadikan sebagai aspek pemaknaan atau yang dirujuk oleh tanda tersebut.

c. Interpretant / Penggunaan Tanda: konsep pemikiran dari orang yang menggunakan tanda dan menurunkannya ke suatu makna tertentu atau makna yang ada dalam benak seseorang tentang objek yang dirujuk sebuah tanda. 


Metode penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan adalah penelitian yang dilakukan dengan menggunakan kepustakaan (library) yang dapat berupa buku, catatan, atau laporan hasil penelitian sebelumnya. Studi kepustakaan ini dilakukan untuk mendapatkan informasi yang bersifat teoritis sehingga peneliti mempunyai landasan teori yang kuat sebagai suatu hasil ilmiah. Data dalam penelitian ini berdasarkan buku dan jurnal yang relevan untuk di teliti penulis

Berdasarkan objeknya Pierce membedakan tipe-tipe tanda menjadi

• Ikon

Ikon adalah tanda yang menyerupai bentuk objek aslinya. Dapat diartikan pula sebagai hubungan atara tanda dan objek yang bersifat kemiripan. Bahwa maksud dari ikon adalah memberikan pesan akan bentuk aslinya. Contoh adalah peta.

• Indeks

Indeks adalah tanda yang berkaitan dengan hal yang bersifat kausal, atau sebab akibat. Dalam hal ini tanda memiliki hubungan dengan objeknya secara sebab akibat. Tanda tersebut berarti akibat dari suatu pesan. Contoh yang umum misalkan asap sebagai tanda dari api. 

• Simbol

Simbol adalah tanda yang berkaitan dengan penandanya dan juga petandanya. Bahwa sesuatu disimbolkan melalui tanda yang disepakati oleh para penandanya sebagai acuan umum. Misalkan saja lampu merah yang berarti berhenti, semua orang tahu dan sepakat bahwa lampu merah menandakan berhenti.

Dapat diuraikan sebagai berikut: Icon: sesuatu yang melaksanakan fungsi sebagai penanda yang serupa dengan bentuk objeknya (terlihat pada gambar atau lukisan), Index: sesuatu yang melaksanakan fungsi sebagai penanda yang mengisyaratkan petandanya; dan Symbol: sesuatu yang melaksanakan fungsi sebagai penanda yang oleh kaidah secara konvensi telah lazim digunakan dalam masyarakat

Representasi icon aplikasi tiktok





1. Beranda

- ikon
untuk halaman utama aplikasi tiktok menggunakan simbol atau gambar sebuah rumah. 

- indeks
dipilihnya gambar rumah di karenakan ketika kita membuka aplikasi tiktok kita akan langsung berada pada halaman utama tersebut, dan halaman utama tersebutlah di mana konten-konten nya di sajikan.

- simbol
rumah di simbolkan sebagai tempat utama bernaung seorang manusia yang berkecukupan. 

2. Shop
- ikon
Untuk bagian konten berbelanja tiktok menggunakan gambar shopping bag. 

- indeks
Shopping bag dipilih karena identik dengan aktivitas berbelanja, aktivitas tukar menukar barang demj memenuhi kebutuhan manusia, 

- simbol
Simbol shoping bag di simbolkan sebagai aktivis berbelanja karena kebanyakan orang akan berbelanja dalam jumlah yang lebih dari bisa di genggam tangan sehingga membutuhkan tempat untuk menyimpan dan membawa hasil belanja. 

3. Membuat postingan baru


- ikon
Ikon yang digunakan berupa tanda plus atau tambah. 

- indeks
Kausalitas antara membuat postingan baru dengan tanda plus karena ketika kita ingin membuat konten baru kita mesti menambahkan konten nya terlebih dahulu. 

- simbol
Tanda plus di simbolkan sebagai menambahkan. 

4. Notifikasi
- ikon
Icon yang di gunakan merupakan elemen kotak yang berisikan garis di.

- indeks
Elemen kotak dengan garis di dalamnya  merepresentasikan bagaimana sebuah kertas berisi tulisan atau pesan, pada gambar di atas kita di beri tahu seberapa banyak pesan atau notifikasi yang masuk.

- simbol
sebuah pesan di lambangkan dengan sepucuk kertas dengan tulisan dan dalam gambar di atas visualnya lebih di sederhanakan lagi.

5. Profile
- ikon
menggunakan siluet gambar manusia

- indeks
profile disini maksudnya adalah profile milik diri kita sediri,

- simbol
disimbolkan dengan siluet manusia karna kita sebagai pengguna aplikasi adalah seorang manusia

Kesimpulan

Teori semiotika pierce tentang sign (tanda), object (objek), dan interpretant (interpretan) terutama berdasarkan objeknya yakni ikon, indeks dan simbol, dapat di gunakan untuk mencari makna atau maksud dari UI aplikasi tiktok.

Daftar Pustaka

https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/download/12268/10754
https://www.researchgate.net/publication/360627352_Semiotika_dalam_Metode_Analisis_Karya_Seni_Rupa_-_Semiotics_in_Fine_Art_Work_Analysis_Methods
https://online-journal.unja.ac.id/index.php/titian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya peranan teori komunikasi dan teori semiotika pada UI dan UX

Literatur review

Mendefinisikan diri dalam kajian seni_ihya ulum firdaus